PENDAHULUAN
Menyadari akan pentingnya proses
pewarisan nilai – nilai perjuangan bangsa, Pencak Silat yang merupakan warisan
pusaka leluhur bangsa Indonesia dan bagian dari budaya nasional yang
berfalsafah Budi Pekerti Luhur, dan memiliki aspek mental spiritual, seni,
beladiri dan olahraga, ikut berperan aktif dalam menangkal pergeseran nilai –
nilai budaya masyarakat yang berpengaruh pada integritas bangsa akibat era
global.
Dari
pemikiran tersebut diatas dan dalam upaya mempersiapkan Atlet Pencak Silat
Berpotensi. Pengurus PSHT Sub Rayon SMADA bermaksud menjadikan Pencak Silat
sebagai sarana pembinaan fisik dan penempaan mental para remaja yang mampu
menghayati dan mengamalkan ajaran falsafah budi pekerti luhur yang berjasmani
sehat dan tangguh.
Untuk maksud tersebut Pengurus
PSHT Sub Rayon SMADA akan menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar
sebagai sarana pencarian bibit – bibit Pesilat potensial dikalangan remaja yang
berasal dari Sekolah Formal dan dari arena ini pula akan terjaring pesilat –
pesilat terbaik sebagai aset yang nantinya akan dapat mewakili Daerahnya pada
Pekan Olah Raga Pelajar( Kejuaraan Pelajar Jawa Timur 2014 )
A.
KETENTUAN
UMUM
I.
Nama
Kegiatan :
Kegiatan ini diberi nama Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar PSHT “ SMADA CUP VII ” se-Jawa Timur Plus Tahun 2014.
Kegiatan ini diberi nama Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar PSHT “ SMADA CUP VII ” se-Jawa Timur Plus Tahun 2014.
II.
Maksud
dan Tujuan :
1. Kejuaraan
Pencak Silat Antar Pelajar se – Jawa Timur Plus, sebagai bagian dari usaha dan
kegiatan untuk mewujudkan tujuan Pembinaan Pencak Silat dengan menekankan Aspek
Olah Raga.
2. Meningkatkan
citra dan kualitas Pencak Silat pada umumnya serta mengupayakan rasa simpatik
masyarakat terhadap Pencak Silat sebagai warisan Budaya Bangsa yang Luhur dan
Bermoral.
3. Sebagai
ajang pembinaan dan pencarian bibit – bibit pesilat berpotensi dari kalangan
pelajar untuk persiapan Kejuaraan Pelajar di Jawa Timur.
4. Mempererat
tali silaturrahmi dan rasa kesetiakawanan dikalangan pelajar dan warga / siswa
PSHT dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas olah raga dan nilai – nilai
luhur pencak silat.
III.
Waktu dan
Tempat Penyelenggaraan :
Waktu : 24 Mei –
27 Mei
2014.
Tempat : GOR BUNG
HATTA
Ngawi.
IV.
Peserta :
Pelajar
Sekolah Negeri / Swasta yang masih berusia 14 tahun dan tidak lebih dari 17
tahun pada saat bertanding
(
kelahiran 1997 s.d 2000 ) yang dibuktikan dengan Kartu Pelajar.
V.
Kategori Tanding
1.
Kelas A 39 Kg s/d 43 Kg Putra
/ Putri
2.
Kelas B diatas 43 Kg s/d 47 Kg Putra
/ Putri
3.
Kelas C diatas 47 Kg s/d 51 Kg Putra
/ Putri
4.
Kelas D diatas 51 Kg s/d 55 Kg Putra
/ Putri
5.
Kelas E diatas 55 Kg s/d 59 Kg Putra
/ Putri
6.
Kelas F diatas 59
Kg s/d 63 Kg Putra / Putri
7.
Kelas G diatas 63 Kg s/d 67 Kg Putra
/ -------
VI. Kategori Seni :
1. TUNGGAL, Jurus baku SH
Terate (Minimal 10 Jurus :
2
Polos, 2 Jambon, 2 Hijau, 2 Putih, 2 Jurus Toya), Putra / Putri.
2. GANDA.
3. BEREGU, Jurus baku SH
Terate. Putra / Putri. (Maksimal : 3 orang)
NB : Boleh
menggunakan musik untuk semua Kelas Kategori Seni.
VII.
Peraturan
dan Sistem Pertandingan:
· Peraturan
Pertandingan yang dipergunakan adalah Peraturan Pertandingan Pencak Silat Hasil
Keputusan MUNAS IPSI XIII – 2012.
· Apabila
pada kelas yang di pertandingkan hanya terdapat
2 pesilat, maka pada kelas tersebut
tidak dipertandingkan.
VIII.
Peraturan
dan Sistem Pertandingan:
· Peraturan
Pertandingan yang dipergunakan adalah Peraturan Pertandingan Pencak Silat Hasil
Keputusan MUNAS IPSI XIII – 2012.
· Apabila
pada kelas yang di pertandingkan hanya terdapat
2 pesilat, maka pada kelas tersebut
tidak dipertandingkan.
VIII. Hasil
Kejuaraan :
1. Juara setiap kelas yang dipertandingkan akan
mendapatkan Medali :
· Juara I mendapatkan Trophy, Piagam, dan Uang
Pembinaan.
· Juara II
mendapatkan Trophy, Piagam, dan Uang Pembinaan.
· Juara III mendapatkan
Trophy, dan Piagam.
2. Juara
Umum :
· Juara
Umun I akan mendapatkan Trophy Bergilir Bupati Ngawi dan Trophy Tetap serta
Dana Pembinaan.
· Juara
Umum II akan mendapatkan Trophy Tetap dan Dana Pembinaan.
· Juara
Umum III akan mendapatkan Trophy Tetap dan Dana Pembinaan.
3. Penentuan
Juara Umum ditentukan dari perolehan Medali Emas terbanyak, apabila terdapat
perolehan yang sama akan ditentukan perolehan medali perak, dan bila masih
terdapat jumlah yang sama akan ditentukan perolehan medali perunggu, dan
apabila masih terdapat jumlah yang sama akan ditentukan dari jumlah paling
sedikit Peserta yang di daftarkan antara kedua kontingen tersebut.
4. Setiap
kelas yang dipertandingkan sedikitnya terdaftar 3 (tiga) pesilat, apabila
kurang maka pada kelas tersebut tidak dipertandingkan, dan tidak diikutsertakan
pada perhitungan kejuaraan umum.
5. Tiap sekolah
harus mengirim sedikitnya 10 orang Pesilat untuk memperebutkan JUARA UMUM, apabila kurang dari
ketentuan tersebut tidak diperhitungkan dalam penentuan Kejuaraan Umum.
B.
KETENTUAN
KHUSUS
I.
Peserta :
· Bertanding
atas nama Sekolah dan merupakan anggota Perguruan Pencak Silat PSHT.
· Menyerahkan
foto copy Kartu Pelajar, dan Ijazah Terakhir (Aslinya ditunjukkan pada saat
pendaftaran).
· Menyerahkan
Surat Mandat dari Sekolah yang bersngkutan dan Surat Ijin dari Orang Tua.
· Menyarahkan
Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
· Menyerahkan
pas photo ukuran 3 x 4 = 4 lbr ( Bewarna ).
· Setiap
Sekolah hanya diperkenankan mengikut sertakan 1 orang pesilat untuk setiap
kelas yang dipertandingkan.
II.
Pendaftaran
:
· Konfirmasi
keikutsertaan harus sudah diterima oleh Panitia dengan menyerahkan formulir
konfirmasi yang telah disediakan oleh Panitia selambat – lambatnya tanggal :
15 Mei 2014
kepada :
- M. Sri
Wahjoeni, M.Pd (085736452007)
- Wikan
Triharjunadi (085736374185)
- Firman A. Yogi,
S.Pd (081216881922)
- Widyanti (085735806230)
-
Fans Page ( facebook ) : SMADA CUP VII
-
Twitter :
@smadacup_psht
-
E-mail : smada_cup7@yahoo.com
· Pendaftaran
dibuka MULAI
SEKARANG,
dan di tutup apabila kuota sudah mencapai 350 orang.
· Kelengkapan
persyaratan administrasi harus sudah diterima Panitia selambat – lambatnya pada
tanggal 23 Mei
2014, pukul 12.00 WIB.
· Setiap
peserta/pesilat dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 35.000,-
C.
KETENTUAN
TEKNIS
· Pertemuan
Tehnik / Tehnical Meeting dilaksanakan tanggal 29 Mei 2014
bertempat di Aula SMAN 2 Ngawi, Pukul 09.00 WIB, dan dilanjutkan Undian
Peserta.
· Penimbangan
Berat Badan I ( Pertama ) ditiadakan sehingga Pesilat yang didaftarkan harus IN
pada kelas yang ditetapkan, Penimbangan Berat Badan II ( Kedua ) dilaksanakan
pada setiap Pesilat akan bertanding ( + 15 menit ) sebelum pertandingan
dilaksanakan, dan tidak ada Toleransi Kelebihan/ Kekurangan Berat Badan.
· Pakaian
bertanding Pesilat adalah seragam Pencak Silat SH TERATE.
· Bagi
Pesilat yang bertanding harus memakai “Cup Protector“ (Pelindung Kemaluan) dan
harus dipakai didalam celana serta disediakan sendiri oleh masing – masing
Peserta/Kontingen.
· Panitia
hanya menyiapkan “ Body Protector “.
· Rasa
tidak puas atas hasil pertandingan dapat diajukan dengan mengambil formulir
Pengaduan Masalah pertandingan yang tersedia di Sekretaris Pertandingan
selambat – lambatnya 10 (sepuluh) menit setelah
Keputusan Pemenang, serta diajukan atas dasar dan cara yang sesuai dengan nilai
Budi Luhur dan Etika Pencak Silat.
D.
TATA
TERTIB DAN SANKSI
1. Tata
tertib yang harus dipatuhi dan berlaku bagi semua Pesilat, Official, serta
Supporter selama berlangsungnya pertandingan adalah :
· Dilarang membawa
segala benda tajam kedalam arena pertandingan dan dilarang membuat
kegaduhan/keributan yang dapat mengganggu jalannya pertandingan.
· Dilarang
bertindak kasar, baik dengan kata – kata maupun dengan perbuatan terhadap
seluruh Aparat Pertandingan.
2. Pelanggaran
terhadap Peraturan Umum dan Khusus serta larangan – larangan tersebut dalam
point 1 diatas akan dikenakan sanksi berupa :
· Untuk
Pesilat
a. Peringatan
Keras
b. Dinyatakan
Kalah
c. Diskwalifikasi
untuk seluruh pertandingan
· Untuk
Official
a. Peringatan
Keras
b. Tidak
diakui haknya sebagai official
c. Di Skor
· Untuk
Suporter / Penonton
a. Peringatan
Keras
b. Dikeluarkan
dari arena Pertandingan
E.
PENGAJUAN
KEBERATAN MASALAH PERTANDINGAN
1. Pengajuan
keberatan masalah pertandingan pada prinsipnya sesuai dengan yang tertuang pada
peraturan pertandingan Pencak silat tahun 2012.
2. Pengajuan
keberatan hanya dapat diterima bila disampaikan atas dasar dan cara yang sesuai
dengan nilai budi luhur dan etika Pencak Silat.
3. Setiap
pengajuan keberatan dikenakan biaya sebesar Rp. 500.000,- ( Lima Ratus Ribu
Rupiah ) yang diserahkan kepada Bendahara Panitia melalui Sekretaris
Pertandingan.
F.
LAIN - LAIN
1.
Hal– hal yang belum diatur, akan diatur
dan ditentukan kemudian.
2.
Ketentuan – ketentuan tambahan yang
telah diputuskan dalam technical meeting adalah merupakan ketentuan yang mengikat bagi seluruh
peserta Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar SMADA CUP VII Tahun
2014.
3.
Setiap Anggota Kontingen yang tersebut
dalam Surat Mandat akan mendapatkan KARTU TANDA PESERTA / OFFICIAL
/ MANAGER.
Jalan
A. Yani Tromol Pos 7 Telp. / Fax (0351) 749293 Kabupaten Ngawi